COMMUNITY GATHERING KEB & BHINNEKA.COM - 'MEMBUAT CONTENT VLOG ZAMAN NOW'

Lifestyle, Lifestyle Blogger Indonesia, Famous Blogger Indonesia, Komunitas Emak Blogger, Traveling, Traveling Indonesia, Traveler Hijab


COMMUNITY GATHERING KEB & BHINNEKA.COM
'MEMBUAT CONTENT VLOG ZAMAN NOW'


Sabtu pagi, 9 Desember 2017 saya dan teman-teman dari Komunitas Emak Blogger berkesempatan menghadiri Community Gathering bersama Bhinneka.com di kantor Bhinneka.com di Jalan Gunung Sahari Raya 73C, Jakarta Pusat. Alhamdulillah saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri Gathering ini.  Lumayan cepat juga perjalanan dari rumah menuju ke kantor Bhinneka.com, Karawaci – Gunung Sahari hanya ditempuh 45 menit saja yang kalau hari biasa bisa 2,5 jam.

Ketika sampai, saya parkir di depan kantor Bhinneka dan menyempatkan foto tampak muka kantor Bhinneka.com ini. Tampak depan sih terlihat kantor pada umumnya, tetapi ketika masuk saya terkagum dengan interior dari suasana kantor nya.



Bhinneka.com adalah perusahaan pertama bahkan bisa dibilang pioneer e-commerce di Indonesia. Dulu yang saya tahu, Bhinneka.com hanya menjual barang-barang elektronik saja dan ternyata sekarang sudah banyak produk yang dijual di Bhinneka.com. Kamu mau cari barang apa? Klik saja di www.bhinneka.com ☺.

Ok..kembali lagi ke cerita awal ya ehehe.. Setelah saya masuk, saya sempat khawatir salah masuk kantor, walau di depan kantornya sudah benar ada tulisan ‘BHINNEKA’. Kekhawatiran saya ini disebabkan ketika masuk, saya disuguhkan suasana Coffee shop yang cozy dan nyaman. Tapi ketika melihat ruang selanjutnya barulah terlihat Bhinneka store nya, yang memang sengaja tidak dibuat sekat antara Coffee shop nya dengan ruang store nya. Hebat deh Bhinneka.com, bisa menyatukan antara coffee shop dengan store.










Selanjutnya saya naik ke lantai dua. Karena masih jam 08.15 pagi dan hari sabtu pula, jadi memang belum ada staf Bhinneka yang datang. Baru ada Mas yang kerja di Coffee shop lantai 1 dan juga Office boy yang ramah. Setelah touring sendiri melihat-lihat suasana lantai 2 yang menurut saya ruangan ini bernuansa Bali. Lalu saya dan beberapa blogger yang sudah hadir diinfokan sama Office Boy nya kalau acaranya di lantai 5.









Awalnya saya sempat dalam hati bilang : ‘Serius ini naik ke lantai 5? Ngga ada lift pula..’ tapi ketika sudah melihat lantai 2, lalu lanjut lantai 3, dan 4, saya menikmati suasana office nya lantai per lantai sampai tidak sadar sudah sampailah di rooftop lantai 5 dan masuk ke ruangan tempat Gathering nya. Unik memang suasana office nya Bhinneka.com, cozy, nyaman, ekletik, semua jadi satu seperti arti dari Bhinneka sendiri yang dalam bahasa sansekerta nya memiliki arti beraneka ragam.
Yup..setiap lantai nya memiliki cerita sendiri, suasana sendiri.







Ketika di ruangan tempat Gathering berada, Kami disuguhkan oleh team Bhinneka.com minuman serta snack kecil sebelum acara mulai dan kami satu-satu diminta untuk melakukan registrasi online terlebih dahulu ke Bhinneka nya.
Acara pun mulai sekitar jam 10.00 kurang. Dibuka oleh Mba Sarah sebagai MC di acara Community Gathering pagi ini. Mba Sarah ini juga boleh saya bilang adalah duta nya Bhinneka.com ☺. Pertama adalah Sambutan pembuka dari PR & Social Media Bhinneka.com lalu langsung lah Narasumber utamanya yaitu Mba Bella Panggabean.










Mba Bella Panggabean adalah seorang photography and cinematography sudah banyak beberapa video yang dibuatnya, karyanya bisa kita lihat di website nya: www.bellapanggabean.com . Dan kali ini Mba Bella mau sharing kepada kami para Emak-Emak Blogger yang Jaman Now dalam hal membuat Vlogging yang OK. Jujur saya pribadi sudah bikin youtube channel pribadi, tapi yaitu belum juga action-action buat Vlog nya.

Saya suka cara penyampaian Mba Bella yang ‘renyah’ dan bahasa nya yang kekinian ke kalangan Emak-Emak ehehe. Walau kami Emak-Emak tetap lho kami ini gaul-gaul dan up to date ☺.
Ketika mulai kami diperlihatkan salah satu Video Profile karya nya Mba Bella, setelah itu baru masuk ke materi-materinya.


Berikut materi cara membuat Vlog ala Mba Bella, disimak ya gaes (bahasa kekinian ☺ ).


1. Tell a God Story

Iyes, ceritakanlah cerita yang menarik. Tersusun dengan rapih. Jadi sebelum kita mau bikin Video Blogging, misal mau berbagi mengenai kecantikan, kita tulis dulu script nya, agar pembicaraan nya tidak ngalor ngidul kemana-mana.
Mba Bella juga bilang bahwa: Cerita memiliki awal, tengah dan akhir. Cerita membuat kita memiliki rasa. Jika diceritakan dengan benar, maka cerita akan menginspirasi kita.
So..Tell a Good Story ya Ladies ☺. Kadang nih cerita bagus belum tentu menarik bagi semua orang, buatlah cerita yang bisa dipercaya dan biasanya cerita yang bagus itu sederhana atau tidak bertele-tele.


2. Show Them, Don’t Tell Them

Mba Bella bilang, Foto atau Video walau tidak ada dialog atau caption, lebih memiliki banyak cerita dibanding tidak ada keduanya dan kita bercerita. Mba Bella mencontohkan kisah perjalananya di kereta ketika dari Sukabumi ke Jakarta, sambil memperlihatkan Video singkatnya. 
Mba Bella mengambil video suasana di dalam kereta dan suasana pemandangan di luar kereta yang diambil di dalam kereta. It is tell a lot. Dibanding ketika kita bercerita verbal tanpa visual, tentu akan menarik ketika kita menunjukkan visual nya baik itu dalam bentuk foto maupun berupa video


3. Choose Your Words Carefully

Pergunakan bahasa dengan baik dan hati-hati. Diatur dengan baik susunan kalimatnya. Makanya perlu di tulis dahulu script nya agar bahasanya teratur dan baik. Mba Bella bilang bahwa: Naskah adalah ‘apa’ nya dalam proses pengembangan sebuah video. Dan segala sesuatu yang lainnya adalah ‘bagaimana’ dalam proses pembuatan video kita.

Ini dia nih Tips membuat script agar script kita berbicara di layar:
  • Perhatikan 3 pesan utama yang mau kita sampaikan atau komunikasikan kepada target audience kita
  • Uraikan manfaat dari apa yang akan kita sampaikan. Misal product kecantikan, kita jelaskan manfaat dari product tersebut secara jelas.
  • Pergunakan bahasa para follower kita. Ketika topic ini, Mba Bella memberikan contoh Vlogger orang Indonesia yang menikah dengan kebangsaan UK dan tinggal di negara luar Indonesia. Di Vlog nya, mba ini menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di Vlog nya, karena followernya kebanyakan orang Indonesia.



4. Unscripted doesn’t mean Unstructured

Tidak memiliki script bukan berarti Vlog kita tidak terstruktur lho. Karena memang bisa jadi kita sudah memahami audience kita


5. Build in Interaction
Caranya bagaimana? Gunakan kata kunci berikut:

  •        “Click here to find out more about this service”
  •         “Click here to watch a related video”
  •         “Fill out a quickly survey”
  •         “Subscribe: Thumbs up; Like”
Nah kalau sudah, nanti follower kita akan men-subscribe Vlog kita maka akan terjadilah interaksi kedepannya.
Pertimbangkan satu-satunya perspektif yang penting yaitu Pembaca atau pelanggan kita.



6. Sound and Light

Sudah pasti ketika kita mau ambil foto atau video, kita perlu memperhatikan yang namanya Suara juga Pencahayaan. Ketika akan ambil Video, cari yang suasana nya tidak terlalu bising, sehingga suara kita terdengar begitu juga pencahayaan. Perhatikan sudut nya, jangan sampai backlight. Kemudian Mba Bella mencontohkan teknik mengambil foto dengan baik.


7. Tools

Nah Mba Bella, memberikan alat apa saja yang bisa kita pergunakan untuk mengambil foto dan Vlog

  •        Web Cam
  •         Mobile Phone à Dengan camera handphone pun juga bisa lho
  •        DSLR Cameras with Video Capability (Canon 550D, Canon 5D, Mark JD)
  •        Go Pro

8. Teknik dalam pengambilan Foto :

  •    Perhatikan aturan komposisi nya: Rule of thirds, latar depan nya, backlighting dll
  •       Perhatikan jarak kepala nya (jangan biarkan banyak rongga kosong diatas kepala)
  •        Begitu juga jarak sudut pandang dari hidung
  •     Perhatikan jangan banyak ruang yang terbuang sampai melupakan objek nya
  •         Cross-camera interviews

Sekali lagi hal yang perlu diperhatikan lagi:

  •        Ketika shoot video kalau perlu pergunakan wireless mic
  •    Seperti tadi dijelaskan diatas bahwa, perhatikan suara di sekeliling kita. Jangan sampai mengganggu pengambilan Video nya
  •      Misal kita mengambil Video di ruangan yang bergema, gunakan karpet untuk meredam suara gema tersebut
  •        Persiapkan alat bantu lighting. Contoh untuk Beauty Vlog, kita perlu Ring Light agar pencahayaannya make up di wajah kita bagus
  •         Pencahayaan yang bagus adalah pencahayaan alami. Mba Bella bilang yang bagus itu antara jam 08.00 – 10.00 pagi dan jam 15.00-17.00 ☺

9. Just Shoot it

And the last is: Just Shoot it. Ngga usah banyak mikir ehehe. Iyaa saya banget ini kebanyakan mikir, makanya Vlog nya tidak pernah ter-realisasi ☺☺


What a nice sharing, dan ini berguna bangeeeet…

Diakhir sebelum penutupan, kita diberikan pengenalan sedikit dari pihak Microsoft. Pengenalan software terbaru keluaran dari Microsoft untuk penunjang hobby kita sebagai Blogger.



Setelah itu..pengumuman pemenang yang bisa menjawab pertanyaan dari Mba Sarah dan juga Pemenang posting tercepat di Instagram..yeaayyy..walau ngga menang tetap yeaayy, banyak hadiah dari Bhinneka.com, termasuk kita dapat voucher belanja 100rb lho ☺




Setelah pembagian hadiah, Bhinneka mempersilahkan Ketua Komunitas Emak Blogger (KEB) kita Mak Sumarti Saelan untuk memberikan sepatah dua patah kata nya..lope you mak ☺



Akhirnya, selesai sudah kami para Emak-Emak Blogger mendapatkan ilmu baru seputar Vlogging. Sebelum pulang seperti biasa kita berfoto bersama, dan saya tidak mau melewatkan kesempatan ini. Ambil foto bersama Mba Bella dan Mak Ichoel (Sumarti Saelan – Ketua KEB kita).




Terima kasih Komunitas Emak Blogger yang sudah memfasilitasi kami para Emak-Emak yang gemar Blogging dan Vlogging juga Bhinneka.com yang mau menjadi wadah tempat kita mendapatkan ilmu berguna ini, untuk menunjang status kita sebagai Blogger ☺. Dan Mba Bella Panggabean yang mau berbagi ilmu nya.





Insha Allah Ilmu nya berguna dan yang penting adalah ACTION Praktek kan. Karena Ilmu itu akan berguna jika: Di sharing dan di Action kan.


Love
❤Cilya❤




Lifestyle, Lifestyle Blogger Indonesia, Famous Blogger Indonesia, Komunitas Emak Blogger, Traveling, Traveling Indonesia, Traveler Hijab


No comments:

Powered by Blogger.